Kamis, 17 Maret 2011

DIKLAT Pengurus Himpunan Periode 2011 - 2011

Tanggal 12 dan 13 Maret 2011 yang lalu diadakan DIKLAT Pengurus Himpunan Arsitektur Brawijaya Periode 2011 dan 2012. Acara ini bertempat di villa Nusantara, Batu. Tujuan acara ini adalah untuk mempersiapkan calon-calon pengurus himpunan pada periode mendatang, yakni 2011 - 2012.
Acara ini diikuti oleh mahasiswa arsitektur angkatan 2008, 2009, dan 2010, di mana angkatan tersebutlah yang akan memegang kepengurusan himpunan selanjutnya. Pada awal acara peserta dibagi menjadi sepuluh kelompok , di mana pada setiap kelompok terdiri dari perwakilan setiap angkatan. Setelah dibagi menjadi sepuluh kelompok kecil, sepuluh kelompok itu dibagi menjadi dua kelompok besar. Dua kelompok besar ini kemudian disimulasikan menjadi dua himpunan, Himpunan A dan Himpunan B. Sementara lima kelompok kecil pada masing-masing himpunan disimulasikan sebagai departemen-departemen yang ada, seperti Departemen Internal, Departemen Eksternal, Departemen Workshop, Departemen Akademis, dan Departemen PSDM. Masing-masing himpunan ini kemudian mendiskusikan mengenai visi misi dan program kerja himpunan.

Selain simulasi, pada diklat ini juga diberikan materi-materi yang akan berguna dalam kehidupan berorganisasi. Materi pertama disampaikan oleh Mas Fajar angkatan '94, mengenai kepekaan - kepedulian dan juga tanggung jawab. Sementara materi kedua diisi oleh Pak Tito -alumnus yang juga mengajar di jurusan Arsitektur UB, mengenai kebersamaan.
Selain simulasi dan materi, juga diadakan renungan malam. Minggu paginya, diadakan games antara dua himpunan yang terdiri dari tiga sesi. Pertama adalah permainan 'tangan ruwet', di mana perwakilan himpunan ini harus mengolah lingkaran dari sambungan tangan-tangan yang sengaja dibuat acak.





Selain permainan tersebut, juga diadakan games lainnya, seperti 'jarkom kalimat' dan 'puzzle manusia'. Setelah itu diadakan hiking. Acara kemudian diakhiri dengan penutupan oleh Kahim Arsitektur, yaitu Rian A'07.


Rangkaian acara ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi peserta, sehingga dalam kepengurusan himpunan selanjutnya, akan terbentuk kader-kader yang lebih baik.

Keluarga Besar Mahasiswa Arsitekutur Brawijaya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar