Minggu, 17 April 2011

Kuliah Tamu dan Workshop bersama Arsitek Nasional




Kesulitan yang dihadapi dalam menjalin pengetahuan teoritik dengan pengetahuan praktik adalah metode pembelajaran masih berkutat pada pengembangan produk arsitektural itu sendiri. Metode teoritik masih mengembangkan pola keilmuan berbasis penelitian sedangkan pada metode praktik pengetahuan didapat dengan terjun langsung ke lapangan (proyek). Pengetahuan tentang praktik belum memiliki kompedium yang memuat cara-cara praktik mahasiswa dalam mempersiapkan dirinya berhadapan langsung dengan situasi nyata di lapangan.  Risalah pengetahuan ini seharusnya menjadi bekal bagi mahasiswa dalam mempersiapkan dirinya untuk bersaing di dunia pekerjaan khususnya sebagai seorang arsitek yang handal.

Jurusan Arsitektur Universitas Brawijaya telah lama mengembangkan pola pendidikan berbasis kearifan lokal. Pengembangan ini menuntut kepekaan dalam aplikasinya terhadap perkembangan arsitektur masa kini. Namun dalam perjalanannya, tuntutan ini belum mampu dikembangkan secara optimal oleh staf pengajar dalam mengimbangi perkembangan metode perancangan praktik saat ini. Salah satu penyebabnya adalah letak Kota Malang yang terletak cukup jauh dari pusat perputaran modal di Indonesia sehingga peranan arsitek lokal di Kota Malang belum terlalu signifikan terserap oleh proyek-proyek besar di Indonesia. Pengalaman yang seharusnya dimiliki melalui pengalaman merancang di lapangan sangat dibutuhkan bagi para arsitek khususnya staf pengajar di lingkungan Jurusan Arsitektur Universitas Brawijaya agar proses pemahaman mengenai rancangan siap bangun dapat dilakukan secara komprehensif dan ditransferkan kepada mahasiswa secara nyata.

Deskripsi inilah yang menjadi desakan perlunya pengembangan kualitas keilmuan arsitektur di Jurusan Arsitektur Universitas Brawijaya. Oleh karena desakan pemenuhan kebutuhan tersebut, maka perlu diadakan Kuliah Tamu dan Workshop berkala di Jurusan Arsitektur Universitas Brawijaya dengan mengundang beberapa arsitek bertaraf nasional yang telah berpengalaman menangani berbagai permasalahan perancangan untuk berbagi pengetahuan dengan civitas internal Jurusan Arsitektur Universitas Brawijaya maupun dengan beberapa afiliasi lain yang terkait dengan bidang keilmuan arsitektur di sekitar Kota Malang.

Kuliah Tamu dan Workshop ini diadakan secara berkala pada hari Sabtu maupun Minggu. Acara ini dibagi menjadi dua kegiatan, sebagai berikut.
1.Workshop Dosen
Workshop ini khusus diadakan bagi para staf pengajar Jurusan Arsitektur Universitas Brawijaya yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dosen dalam:
1.      Membaca dan memahami proyek (tapak, klien, sosial, ekonomi, dan lain-lain)
2.      Proses kreatifitas
3.      Proses engineering
4.      Melakukan self review
5.      Problem solving
Pada akhir sesi, para staf pengajar sebagai peserta memberikan paradigma (feedback) desain sebagai bagian dari proses pemahaman secara komprehensif.
Workshop ini ditujukan pula bagi para anggota Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) yang ingin mengembangkan pengetahuan mengenai proses pemecahan masalah perancangan sekaligus dapat dijadikan sebagai Kuliah Pembinaan Profesi untuk kenaikan tingkat.
 2. Kuliah Umum
Kuliah umum khusus diadakan bagi para mahasiswa Jurusan Arsitektur Universitas Brawijaya dan dapat pula diikuti oleh staf pengajar. Dalam kuliah ini, mahasiswa diajak secara interaktif memecahkan masalah perancangan dengan metode-metode yang digunakan oleh para arsitek dalam mengerjakan perancangan arsitektur yang seringkali mereka hadapi. 

Berikut ini nama-nama arsitek yang diundang pada acara ini
1.      Eko Prawoto *
2.      Adi Purnomo*
3.      Yu Sing
4.      Ary Indra
5.      Popo Danes
6.      Yori Antar
7.      Andra Matin
8.      Budi Pradono
9.      Ridwan Kamil
10.  Budi Liem
11.  Han Awal
12.  Paulus Mintarga *
13.  Zenin Adrian
14.  Andre Tirta
15.  Kresna Gede
16.  Eka Swadiansa

Setiap akhir acara tiap bulan, hasil dokumentasi (fotografi dan rekaman) akan dikompilasi yang pada akhirnya keseluruhan sesi akan dirangkum sehingga menghasilkan sebuah film dokumentasi yang berguna bagi pengembangan keilmuan arsitektur di Jurusan Arsitektur Universitas Brawijaya. Kompilasi ini berguna sebagai acuan mutakhir dalam mengurai metodisasi rancangan terutama pada mata kuliah studio.


*sudah dikonformasikan kesediaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar