Jumat, 03 Mei 2013

Kunjungan Silaturahim Eksekutif Mahasiswa 2013-2014

Tadi sore himpunan kita kedatangan tamu istimewa dari EM Pusat lho. Sekitar jam 7 malem, kabinet-kabinet EM Pusat mengunjungi himpunan kita dengan membawa sekitar 10 orang perwakilan dari kabinet EM. Tujuan EM berkunjung ke himpunan kita adalah untuk bersilaturahim secara informal dengan teman teman di HMA dan sekaligus memperkenalan periode baru EM. Ini merupakan proker teranyar dari visi dan misi EM Pusat yaitu mengunjungi HMJ-HMJ salah satunya yang pertama kali dikunjungi adalah HMJ di Fakultas Teknik. Tadi sore yang hadir sebagai perwakilan adalah Presiden EM UB 2013-2014 Muhammad Rizky Kurniawan, teman kita sendiri dari Arsitek angkatan 2009 yaitu Mohammad Naruseito sebagai Menteri Advokesma EM UB 2013-2014, beberapa staff dari Kementrian Dalam Negri, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Sekertaris Menteri Advokesma, Sekertaris Menteri Dalam Negri, staff dagri dan Menko Internal. Dari kunjungan silaturahim tadi, kita mendapatkan beberapa hal yang sangat menarik untuk didiskusikan.

Pertama kali, Presiden EM Rizky, menjelaskan alasan kenapa mereka datang berkunjung ke HMJ yang salah satunya adalah himpunan kita yaitu HMA. Selain masuk dalam visi misi dan proker EM, alasan lainnya adalah adanya perubahan struktural organisasi EM dari tahun ke tahun, dan menurut Rizky itu sangat penting untuk dikenal oleh Himpunan Jurusan,
maka dari itu Rizky beserta kabinet-kabinet EM turun langsung ke "lapangan" ke Himpunan Jurusan untuk mengkoordinir dan mengenal himpunan-himpunan tersebut dengan sangat baik. Karena menurut pengalaman dari Rizky sendiri sebagai mantan ketua Himpunan di FIA, kunjungan langsung dari EM ke himpunan jurusan sangat lah penting untuk mengadakan sebuah networking dan menurut Rizky, mahasiswa yang tidak berkecimpung di dalam sebuah organisasi di Fakultas, lebih suka ngumpul di himpunan jurusan mereka. Karena di himpunan, mahasiswa bisa melakukan apa saja di situ seperti sekedar berkumpul dan mengerjakan tugas. Selain itu, kunjungan ini sekaligus sosialisasi EM untuk himpunan jurusan. Karena banyak mahasiswa sekarang acuh tak acuh terhadap struktur keorganisasian di EM. Banyak dari kita bahkan nggak tau siapa presidennya. Rizky sangan prihatin dengan keadaan itu dan kunjungan EM ke HMA pun menjadi solusi atas masalah tersebut.

Proker EM menjadi diskusi yang sangat menarik sore tadi di HMA. Yang pertama adalah mengadakan Brawijaya Education Fair. Ini adalah ajang untuk "memamerkan" apa yang dipunyai oleh Jurusan atau Fakultas di Universitas Brawijaya. Seperti misalnya, Arsitektur. Kita bisa menunjukkan keahlian kita dan memamerkan karya desain kita atau bahkan maket. Yang kedua adalah Pengabdian masyarakat ke desa-desa. Pengabdian ini akan melibatkan seluruh struktur keorganisasian di Fakultas dan Jurusan. Karena, organisasi-organisasi di berbagai jurusan atau fakultas memiliki ilmunya sendiri-sendiri dan itu akan sangat bermanfaat untuk kegiatan pengabdian masyarakat ini. Yang ketiga adalah membuat parkiran pusat di UB. Parkiran ini adalah solusi untuk kemacetan di UB agar mahasiswa yang datang ke kampus, memarkir kendaraannya di parkiran pusat ini dan berjalan kaki menuju kampusnya masing-masing. Proker selanjutnya adalah diadakannya pasar minggu, senam bersama dan car free day secara berkala.

Proker-proker ini terbagi menjadi dua macam yaitu jangka pendek dan jangka panjang. Jangka panjang seperti diadakannya pembangunan-pembangunan di UB contohnya adalah parkiran pusat. Proker jangka panjang ini ditangani langsung oleh POKJA atau Kelompok Kerja. Jadi, ketika kabinet EM periode 2013-2014 selesai, proker ini tetap berlanjut dan yang menangani adalah POKJA. POKJA adalah sebuah organisasi dalam organisasi yang bertujuan untuk melanjutkan proker-proker EM sebelumnya. Harapan HMA adalah kunjungan EM ke HMJ-HMJ diadakan secara berkala bukan hanya pada awal periode saja karena ini berkaitan dengan membangun networking antara HMA sendiri dengan EM Pusat.

Terima kasih teman-teman kabinet dari EM 2013-2014 yang sudah meluangkan waktunya untuk berkunjung ke himpunan kita. Semoga diskusi singkat tadi bermanfaat dan menginspirasi kita untuk lebih mengeksplor kegiatan-kegiatan di Himpunan dan proker networking antara EM dan HMA bisa terwujud. TETAP SEMANGAT!

Ini di bawah ada foto-foto dokumentasi kunjungan tadi :D


 Si Mas Menpora lagi hapean


 Hayo Rizky yang mana! Kalo Mas Seto pasti udah pada tau dong



 Ini lagi serius banget


 Yeaaaah ketua himpunan kita mas edo sedang tertawa entah menertawakan apa



Akhir dari kunjungan poto poto dulu.

Btw, yang presiden yang mana yang Menteri Advokesma yang mana :P

2 komentar:

  1. Terimakasih atas penerimaan HMA FT UB. Kocak sekali pemberitaannya :)

    BalasHapus
  2. Terima kasih juga atas kunjungan EM ke HMJ HMJ :) terima kasih kami dari pihak HMA FT UB sangat menghargai EM yang sudah meluangkan waktunya untuk silaturahim :)

    BalasHapus