Senin, 21 Februari 2011

Pameran Desain Matra 1; Back to Nature

Tanggal 17-24 Januari 2011 yang lalu, mahasiswa Arsitektur FT UB peserta mata kuliah Desain Matra 1 mengadakan pameran tugas besar. Tema yang diusung adalah back to nature.

Kegiatan pameran ini selalu rutin diadakan setiap tahunya, hal ini terkait dengan salah satu mata kuliah yaitu desain matra 1 dengan tim dosen yaitu Noviani Suryasari, ST., MT., Ir. Chairil B. Amiuza, MSA. Ir. Rusdi Tjajono, MSA, dan diketuai oleh Ir. Sigmawan Tri PAmungkas, MT.. Menurut Guruh Pratama yang merupakan ketua pelaksana pameran mengatakan, “Pameran ini merupakan pengganti dari ujian mata kuliah desan matra 1, dimana setiap kelompk akan memamerkan satu karya desain 3 matra.”



BACK to NATURE menjadi tema utama dalam pameran ini, tidak hanya dari dekorasi pameran tapi juga dari hasil karya karya yang dipamerkan, hal ini dikarenakan tema ini sudah disepakati sejak pertemuan perdana perkuliahan. Namun setiap kelompok diwajibakan membuat sub tema baru dengan analalogi yang masih berhubungan dengan unsur–unsur alam, oleh karena itu setiap karya yang dipamerkan menggunakan bahan-bahan alami, seperti rotan, bamboo, ijuk, batu, dan sebagainya.




Meskipun tergolong baru di dunia arsitektur, angkatan 2010 mampu menunjukan kualitasnya sebagai mahasiswa dengan kemampuan yang cukup baik. Hal dapat dilihat dari hasil masing-masing kelompok yang mampu menarik perhatian pengunjung. Hasil karya mereka telah dibagi sebelumnya menjadi dua jenis hasil produk, yaitu produk sculpture outdoor dan indoor. Pada produk outdoor, ditampilkan 6 hasil karya kelompok mahasiswa dengan bahan dasar yang beragam, dan dengan tema yang berbeda-beda ditempatkan di ruang terbuka pada sisi kiri GBA. Untuk produk indoor terdapat 6 hasil karya kelompok mahasiswa dengan tampilan yang menarik ditambah pencahayaan yang maksimal dan dipamerkan pada bagian lobby GBA. Selain terdapat sculpture, pada bagian lobby juga dipamerkan karya 2 dimensi mahasiswa yang telah diseleksi oleh tim dosen terlebih dahulu.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar